Pasang Iklan Murah Hanya Disini !

Monday 26 December 2016



SEJARAH KOMPUTER, KOMPONEN DAN MEKANISME PERSONAL COMPUTER
MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER

OLEH

STEVIN IMANUEL YACOB LIU
NIM : 1501040009
SEMESTER II
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI


JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NUSA CENDANA

2016
TUGAS PERTAMA
SEJARAH PERKEMANGAN KOMPUTER

A.    Pengertian Komputer
Komputer merupakan alat yang dipakai untuk mengolah data berdasarkan perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi berbasis komputer  hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk berbagai kebutuhan bukan hanya sebagai alat hitung matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa adanya printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk nyata atau print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah yang lebih cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."
Dalam sejarahnya, komputer memiliki 5 generasi.

B.     Periode Perkembangan Komputer

1.      Generasi Pertama
Pecahnya perang dunia kedua, mengakibatkan negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Pada Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Apa yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu berbuah suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi sangat lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Komputer kemudian berkembang, dan dibuatnya Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160 kW. Alat ini memiliki bobot seberat 30 ton, panjang 30 Meter dan tinggi 2.4 Meter. Komputer generasi ini menggunakan Tabung hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti: mudah pecah, dan cepat menyalurkan panas.
Ciri komputer generasi ini antara lain :
  1. Pada generai ini komputer masih banyak mengeluarkan panas. 
  2. Menggunakan komponen elektronikanya yang terbuat dari Tabung Hampa Udara (Vacuum Tube).
  3. Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer. 
  4. Utuk mengoprasikannya pun membutuhkan kekuatan listrik yang cukup besar.
  5. Kapasitas yang disediakan untuk penyimpannan data sangat kecil dan terbatas.
  6. Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
  7. Prosesnya relatif lambat.
  8. Mempunyai Ukuran atau bentuk yang sangat besar sehingga diperlukan sebuah ruangan yang yang cukup lebar hanya untuk meletakan komputer ini.
  9. Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
  10. Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.




2.      Generasi Kedua

Generasi kedua lahir pada tahun 1948, penemuan transistor sanggat mempenggaruhi perkembangan komputer pada saat itu. Transistor dapat menggantikan Tabung hampa udara. Hal tersebut mengakibatkan berubahnya ukuran komponen-komponen elektrik menjadi lebih kecil. Transistor sendiri mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding dengan komputer generasi pertama.
Dalam perkembangannya, dalam komputer generasi kedua, program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL. Begitu pula kapasitas memori sudah lebih besar jika dibandingkan dengan generasi pertama, juga memiliki sirkuit berupa transistor.

3.      Generasi Ketiga

Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dibandingkan perkembangan komputer yang sudah ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor sebagai sirkuit sebelumnya yang dianggap tidak effisien lagi membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.

4.      Generasi Keempat

Setelah IC ditemukan, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membuat suatu kemajuan terhaadap IC dengan cara meletakkan semua komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang khusus. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama berselang, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang terjadi, memungkinkan orang-orang terbiasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan.





5.      Generasi Kelima
Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium i5 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya (pentium 4 dst), kemudian, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium i5 juga bertambah. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat. Intel Pentium i5 mempunyai kemamapuan memproses aplikasi berat seperti game 3D.














TUGAS KEDUA
KOMPONEN KOMPONEN PERSONEL COMPUTER (PC)

A.    Pengertian Komponen Komputer
Komponen komputer adalah semua unit atau alat elektronik yang berada di dalam sebuah komputer. Unit elektronik ini biasa disebut sebagai perangkat keras komputer atau hardware.
Komponen komputer dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu utama dan tambahan. Kategori pertama merupakan alat yang paling penting dan  mutlak diperlukan agar sebuah komputer dapat aktif dan melakukan fungsinya. Yang kedua, biasa disebut sebagai peripheral, sifatnya sebagai pelengkap demi menunjang penggunaan dan fungsi tertentu.
B.     Komponen - komponen Komputer
Berikut komponen komputer utama dengan fungsi-fungsinya :
1.      Motherboard

https://komputrick.files.wordpress.com/2010/07/default.jpeg?w=614Motherboard berungsi sebagai pusat pengendali yang berfungsi mengatur kinerja dari seluruh komponen yang terpasang, mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC, serta lalu lintas data (harddisk, CD-ROM), unit masukan data (keyboard, mouse, scanner), juga printer.


Beberapa istilah-istilah dari motherboard anatara lain :
1.      BIOS (Basic Input/Output System)
Singkatan dari Basic Input/Output System. Merupakan kumpulan informasi motherboard dan juga merupakan software berisi perintah-perintah dasar. Fungsi utamanya adalah sebagai sarana komunikasi antara sistem operasi dengan hardware yang terpasang pada motherboard.
2.      Bus
Istilah yang menyatakan sistem aliran data yang digunakan hardware yang terpasang pada motherboard untuk berkomunikasi dengan prosesor. Satuan yang digunakan biasanya adalah frekuensi (Hertz) atau lebar bit data.


3.      Clock Speed
Istilah ini digunakan untuk menyatakan kecepatan dari sebuah prosesor atau komponen lainnya. Angka clock speed didapat dari perkalian multiplier terhadap FSB. Semakin tinggi clock speed, maka semakin tinggi kinerja yang dihasilkan oleh prosesor atau komponen hardware tersebut. Satuan yang digunakan biasanya adalah megahertz (MHz) atau gigahertz (GHz). Biasanya disebut juga sebagai kecepatan eksternal dari sebuah prosesor.
4.      FSB
Singkatan dari Front Side Bus, yaitu bus utama yang menghubungkan antara prosesor dengan chipset motherboard. Satuan yang digunakan adalah megahertz (MHz).
5.      Heatsink
Komponen yang diletakkan di atas prosesor. Fungsinya adalah menyerap panas yang dihasilkan saat prosesor bekerja. Biasanya sebuah heatsink dilengkapi sebuah kipas untuk menjaga agar suhu prosesor tetap stabil.
6.      Overclocking
Suatu teknik yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja prosesor, memori, atau kartu grafis, dengan cara meningkatkan FSB atau clock speed komponen tersebut. Teknik ini memerlukan sebuah system pendingin khusus pada komponen, karena menghasilkan panas berlebih, di mana panas berlebih ini dapat merusak sistem.
2.      Processor
Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terdapat pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, Processor dapat diganti dengan processor yang lain dengan ketentuan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.https://komputrick.files.wordpress.com/2010/07/prosesor.jpeg?w=614

Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
·         Aritcmatics Logical Unit (ALU)
·         Control Unit (CU)
·         Memory Unit (MU)



Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP).
3.      RAM (Random Access Memory)
https://komputrick.files.wordpress.com/2010/07/ram.jpeg?w=614RAM merupakan suatu perangkat yang memiliki fungsi mengolah data atau perintah. Ukuran dari RAM berpengaru terhadap data ataupun instruksi yang dapat dikelolah. Semakin besar RAM makan akan berbanding lurus dengan kinerjanya. RAM juga merupakan tempat penyimpanan data. RAM sendiri bersifat sementara atau data yang tersimpan dapat dihapus, berbeda halnya dengan ROM. RAM sendiri memiliki beberapa jenis. Antara lain :
·         SRAM (Static Random Access Memory), merupakan RAM yang digunakan sebagai memori tambahan yang tersembunyi.
·         EDORAM ( Extended Data Out Dynamic Random Accses Memory ), yaitu, RAM yang kepingannya terdiri dari 72 pin dan umumnya pada PC yang menggunakan prosesor intel Pentium 1 dan AMD ke- 5 dan ke- 6.RAM jenis ini harus dipasang pada socketnya dalam jumlah genap ( minimal terdiri dari 2 keping ).Dan memiliki Bus Speed sebesar 66 Mhz atau PC 66.
·         SDRAM ( Synchronous Random Acces Memory ),RAM yang kemampuan kecepatannya lebih cepat daripada EDORAM dan kepingannya terdiri dari 168 pin.PC denganprosesor intel Pentium 1, Pentium II, Pentium III, AMD ke- 5, AMD ke- 6, AMD ke- 7.Dengan memiliki Bus Speed sebesar 66 Mhz ( PC 66 Mhz ) dan PC 100 Mhz.
·         DDRAM ( Double Data Rate Random Acces Memory ), RAM yang hampir sama dengan SDRAM, namun memiliki kemampuan kerja yang lebih tinggi.Dengan Bus Speed sebesar 133 Mhz atau PC 133 Mhz.Umumnya digunakan pada PC dengan prosesorintel Pentium III, Pentium IV, AMD Duron, AMD Athlon.
·         RDRAM ( Rambus Dynamic Random Acces Memory ), RAM yang menggunakan RIMM ( Rambus In Line Memory Module ) sebagai socketnya dengan ukuran yang lebih kecil dari DIMM ( Socket yang digunakan untuk SDRAM dan DDRAM ).Dengan Bus Speed sebesar 800 Mhz.Umumnya digunakan pada PC dengan prosesor intel Pentium 1.
·         VGRAM ( Video Graphic Random Acces Memory ), RAM yang digunakan secara khusus pada video adapter atau video card.Yang berfungsi untuk mendukung video adapter dalam menghasilkan tampilan proses yang sedang atau yang telah berlangsung pada computer.Besarnya kapasitas VGRAM akan menentukan kualitas gambar atau tampilan yang dihasilakan oleh video adapter tersebut.




4.      Video Card (VGA)

VGA singkatan dari Video Graphics Accelerator, berfungsi untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU(Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.
https://komputrick.files.wordpress.com/2010/07/vga.jpeg?w=614
5.      Sound Card

https://komputrick.files.wordpress.com/2010/07/soun-card.jpeg?w=614Sound card diperlukan untuk mendengarkan suara hasil olahan komputer.Kualitas Sound Card dipengaruhi oleh chip DAC (Digital Analog Converter), yaitu alat yang merubah data digital menjadi analog. Beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang sound card antara lain :

-          Jenis chip
-          DAC
-          Playback quality; 24bit/192khz merupakan kualitas yang terbaik
-          Recording:24bit/96khz adalah yang terbaik
-          Respon frekuensi
-          SRN Rasio 106-108dB
-          Hardware acceleration yang berguna untuk mengurangi beban prosesor
-          Dukungan playback 7.1 ASIO 2.0 EAX untuk games, THX untuk film,PCM/MLP(DVD)
-          Koneksi yang tersedia berupa coaxial atau optikal

6.      Hard Disk
https://komputrick.files.wordpress.com/2010/07/harddiskj.jpeg?w=614Harddisk merupakan ruang penyimpan data utama dalam sebuah computer.  Seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja diatur dalam . Dalam satuan harddisk, terdapat berbagai macam ruang ruang kecil (direktori, folder, subdirektori, subfolder), yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Di situlah data-data diletakkan.
Masing-masing ruang kecil dalam harddisk saling bergantung. Harddisk terdiri atas beberapa komponen penting. Komponen utamanya adalah pelat (platter) yang berfungsi sebagai penyimpan data. Pelat ini adalah suatu cakram padat yang berbentuk bulat datar, kedua sisi permukaannya dilapisi dengan material khusus sehingga memiliki pola-pola magnetis. Pelat ini ditempatkan dalam suatu poros yang disebut spindle.

7.      Optical Disc Drive

https://komputrick.files.wordpress.com/2010/07/optical-drive.jpeg?w=614
Optical Disc Drive adalah komponen yang digunakan untuk membaca atau menulis media penyimpanan optical seperti CD ROM dan DVD ROM.
Perangkat optik merupakan perangkat yang mudah digunakan. Setiap komputer  memiliki perangkat optik minimal untuk membaca CD (CD-ROM) maupun membaca DVD (DVD-ROM).
8.      Monitor

Monitor atau layar tampilan Komputer digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari komputer. Selain itu pula istilah monitor terkadang digambarkan untuk menilai kemampuan grafis. Monitor dibagi atas 3 kelas yaitu : https://komputrick.files.wordpress.com/2010/07/monitor.jpeg?w=614


a.       monochrome: Monitor Monokrom biasanya menampilkan dua warna, warna background dan satu lagi adalah warna foreground. Warna tersebut adalah warna hitam dan putih, hijau dan hitam dan Kuning dan hitam.
b.      gray-scale : Gray Scale monitor adalah jenis special dari monitor monochrome yang dapat menampilkan bayangan ungu yang berbeda.
c.       Color : Monitor Color merupakan monitor berwarna yang memiliki 16 hingga 1 juta warna yang berbeda. Monitor berwarna ini terkadang disebut monitor RGB karena monitor tersebut dapat menerima 3 sinyal yang berbeda, Merah (Red), Hijau (Green) dan Biru(Blue).
Aspek paling penting dari sebuah monitor adalah ukuran atau sering kita kenal dengan istilah screen atau ukuran layar. Resolusi dari monitor mengidentifikasikan seberapa padat pixel yang ada, Pada umumnya, semakin banyak pixel (sering di ungkapkan dengan titik per inci), semakin tajam hasil gambar yang dapat ditampilkan. Banyak monitor saat ini sudah dapat menampilkan 1024 hingga 764 pixels, untuk penggunaan kartu grafis standar.
9.      Keyboard

https://komputrick.files.wordpress.com/2010/07/keyboard.jpeg?w=614Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol yang digunakan untuk mengetikan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada proses input pada komputer. Jumlah seluruh tombol pada keyboard pada umumnya ada 104 tombol.Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Keyboard dibedakan menjadi 4, yaitu:
a.       Keyboard Serial, menggunakan Din 5 male dan biasanya digunakan pada computer tipe At
b.      Keyboard PS/2, biasanya digunakan pada computer tipe ATX dan paling banyak digunakan, portnya sama dengan mouse.
c.       Keyboard wirelless, Keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung koneksi yang digunakan infra red,wifi ataupun Bluetooth.
d.      Keyboard USB, komputer terbaru saat ini sudah menggunakan jenis konfistor USB yang menjamin menstransfer data yang lebih cepat.
Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.

10.   Mouse

https://komputrick.files.wordpress.com/2010/07/mouse.jpeg?w=614

Mouse, berfungi untuk mengarahkan pointer pada layar monitor komputer. Ciri-ciri sebuah mouse yang bagus adalah memiliki sensitifitas yang amat tinggi dan tidak memerlukan perawatan yang rumit (biasnya mouse optic dan wireless yang memiliki persyaratan ini, jangan menggunakan mouse manual yang harus rutin dibersihkan untuk menghilangkan debu).





11.  Power Supply

https://komputrick.files.wordpress.com/2010/07/images1.jpeg?w=614Power Supply merupakan unit perangkat yang berada pada CPU, memiliki fungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan computer.
Power Supply, Power Supply Unit (PSU) berfungsi untuk mengubah tegangan listrik (AC 220/230/240 V, 110/120 V) agar bisa digunakan oleh computer (DC 3,3 V, 5 V, 12 V). Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt. Perangkat ini memiliki 5 connector atau lebih, yang dapat disambungkan keberbagai peralatan seperti :
·         Motherboard
·         Harddisk
·         Floppy Disk Drive
·         CD – ROM
Komponen penting pada power supply ialah pendingin (cooling), dan dapat berupa kipas angin.
12.  Casing.
https://komputrick.files.wordpress.com/2010/07/simbadda.jpeg?w=614
Casing sendiri berfungsi sebagai tempat peletakan atau menempelnya komponen komputer seperti motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya.
Adapun komponen komputer tambahan (peripheral) antara lain :

ü  LAN Card (Media jaringan internet lokal)
ü  Modem (Media jaringan internet pribadi)
ü  TV Tuner (Media pendukung siaran televisi)
ü  Printer (Alat cetak output)
ü  Scanner (Alat periksa)
ü  Speaker (Alat output suara)
ü  Headphones (Alat output suara)
ü  Bluetooth (Media transfer data)
ü  USB Card (Media transfer data)
ü  FireWire Card (Alat penangkap jaringan internet WiFi
ü  Webcam (Kamera)

TUGAS KETIGA
MEKANISME KOMPUTER

Secara umum, komputer merupakan alat hitung mekanis yang  melakukan kerja perhitungan aritmatika secara akurat, dan telah ber-transformasi menjadi alat multifungsi fenomenal, yang dapat mengerjakan banyak hal dalam tempo bersamaan (multi tasking), baik itu untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas, ataupun saat digunakan sebagai sarana hiburan, maupun proyek menghasilkan nilai ekonomi.
Komputer memiliki 3 elemen penting yaitu : Hardware (perangkat keras), Software (perangkat lunak) dan Brainware (pengguna). Tanpa salah satu elemen tersebut, dapat dipastikan komputer tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya
Teknologi masa kini telah berkembang secara dinamis sejak komputer pertama dibuat dan digunakan pertama kali di tahun 1940-an, kebanyakan komputer masih menggunakan sistem arsitektur Von Neumann, yang dimunculkan pada awal tahun 1940-an oleh John von  Neumann sendiri.
Arsitektur Von Neumann menjelaskan bahwa komputer memiliki 4 bagian utama yang terdiri dari : Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus" dalam artian saling terhubung satu sama lain.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhXug9z3tpx6IncGTc7N2mwbpQRiE0NEdgdnBmEve6ZJHJH2gd6ZXzScek-v-fSbpc_gJynYJSgtQTxOb9Jzf71Kb6XszsvU0kbY0nDGbu8hivbegByQ7DGuATI683o9cdBWgVuh1BmEdI/s400/sistem+komputer123.jpg



Berikut beberapa mekanisme komputer, sebagai beriukut :

Memori/RAM
https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRSmnDykXmdlhli86ojHEabnhZjgi8xjLkaSq3HAeZjn6J4k7cthttp://ecx.images-amazon.com/images/I/41XF9Hfx0JL.jpg
Pada sistem ini, memori merupakan urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), yang masing-masing ruangnya berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini memungkinkan menjadi perintah pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori dapat menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner ) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.





Pemrosesan (Procesing)
Unit Pemproses Pusat atau CPU (central processing unit) mempunyai peran untuk memproses perintah, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan yang berkaitan.
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR2JNck7fChuDfF0HSCgc7ZZOzMWh8fyBoBGVlnmPHFcgL0-85g
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).


Input dan Hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.

Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam prakteknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)

Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.

Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Suatu PC modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, "programmer." "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan

Sistem Operasi
Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer, setelah bertahun-tahun, programer akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.

No comments: