SEJARAH KOMPUTER,
KOMPONEN DAN MEKANISME PERSONAL COMPUTER
MATA KULIAH APLIKASI
KOMPUTER
OLEH
STEVIN
IMANUEL YACOB LIU
NIM :
1501040009
SEMESTER
II
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
JURUSAN
PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NUSA CENDANA
2016
TUGAS PERTAMA
SEJARAH PERKEMANGAN KOMPUTER
A. Pengertian Komputer
Komputer merupakan alat yang dipakai untuk mengolah data
berdasarkan perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer awalnya dipergunakan
untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin
itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi berbasis komputer hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk berbagai
kebutuhan bukan hanya sebagai alat hitung matematika.
Secara
luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang
terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu
dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan
data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor,
CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa adanya printer komputer
tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat
dilayar monitor belum dalam bentuk nyata atau print out (kertas).
Dalam
definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule,
jenis kalkulator mekanik
mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang
kontemporer. Istilah yang lebih cocok untuk arti luas seperti
"komputer" adalah "yang memproses informasi"
atau "sistem pengolah informasi."
Dalam sejarahnya, komputer memiliki 5 generasi.
B. Periode Perkembangan Komputer
1.
Generasi Pertama
Pecahnya
perang dunia kedua, mengakibatkan negara-negara yang terlibat dalam perang
tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis
yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer
serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse,
seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat
terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan
lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Pada Tahun 1943, pihak Inggris
menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk
memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak
terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan.
Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer),
ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini
dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Apa yang
dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu berbuah suatu kemajuan lain. Howard
H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM,
berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut
berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel
sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator,
atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal
elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi
sangat lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak
fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat
melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Komputer kemudian berkembang, dan
dibuatnya Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat
oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of
Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta
titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang
mengonsumsi daya sebesar 160 kW. Alat ini memiliki bobot seberat 30 ton,
panjang 30 Meter dan tinggi 2.4 Meter. Komputer generasi ini menggunakan Tabung
hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal
tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti: mudah pecah, dan cepat
menyalurkan panas.
Ciri komputer generasi ini antara
lain :
- Pada generai ini komputer masih banyak mengeluarkan panas.
- Menggunakan komponen elektronikanya yang terbuat dari Tabung Hampa Udara (Vacuum Tube).
- Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer.
- Utuk mengoprasikannya pun membutuhkan kekuatan listrik yang cukup besar.
- Kapasitas yang disediakan untuk penyimpannan data sangat kecil dan terbatas.
- Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
- Prosesnya relatif lambat.
- Mempunyai Ukuran atau bentuk yang sangat besar sehingga diperlukan sebuah ruangan yang yang cukup lebar hanya untuk meletakan komputer ini.
- Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
- Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.
2. Generasi
Kedua
Generasi
kedua lahir pada tahun 1948, penemuan transistor sanggat mempenggaruhi
perkembangan komputer pada saat itu. Transistor dapat menggantikan Tabung hampa
udara. Hal tersebut mengakibatkan berubahnya ukuran
komponen-komponen elektrik menjadi lebih kecil. Transistor sendiri mulai
digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
Penemuan
lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan
komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan,
dan lebih hemat energi dibanding dengan komputer generasi pertama.
Dalam
perkembangannya, dalam komputer generasi kedua, program dapat dibuat dengan
bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
Begitu pula kapasitas memori sudah lebih besar jika dibandingkan dengan
generasi pertama, juga memiliki sirkuit berupa transistor.
3.
Generasi Ketiga
Komputer
generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dibandingkan
perkembangan komputer yang sudah ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era
1965-1971-an. Transistor sebagai sirkuit sebelumnya yang dianggap tidak
effisien lagi membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di
temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas
Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di
tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya
komputer generasi ketiga.
4.
Generasi Keempat
Setelah IC
ditemukan, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit
dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat
ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale
Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI)
meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang
sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping
uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga
meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004
yang dibuat pada tahun 1971 membuat suatu kemajuan terhaadap IC dengan cara
meletakkan semua komponen dari sebuah komputer (central processing unit,
memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang khusus.
Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk
memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama berselang, setiap
piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan
electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang terjadi,
memungkinkan orang-orang terbiasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer
tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga
pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk
komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut
minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh
kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program
word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari
2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan
dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan
penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan
sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981
menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC
digunakan.
5. Generasi
Kelima
Sejarah perkembangan komputer
generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana pada
generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang
merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain
itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor.
Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel
Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat
adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486,
dan Pentium. Pentium i5 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang
diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya
(pentium 4 dst), kemudian, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium i5
juga bertambah. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih
tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar
juga menjadi semakin cepat. Intel Pentium i5 mempunyai kemamapuan memproses
aplikasi berat seperti game 3D.
TUGAS
KEDUA
KOMPONEN
KOMPONEN PERSONEL COMPUTER (PC)
A.
Pengertian
Komponen Komputer
Komponen
komputer adalah semua unit atau alat elektronik yang berada di dalam sebuah
komputer. Unit elektronik ini biasa disebut sebagai perangkat keras komputer
atau hardware.
Komponen
komputer dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu utama dan tambahan.
Kategori pertama merupakan alat yang paling penting dan mutlak diperlukan agar sebuah komputer dapat
aktif dan melakukan fungsinya. Yang kedua, biasa disebut sebagai peripheral, sifatnya
sebagai pelengkap demi menunjang penggunaan dan fungsi tertentu.
B.
Komponen - komponen Komputer
Berikut komponen komputer utama
dengan fungsi-fungsinya :
1.
Motherboard
Motherboard berungsi sebagai pusat pengendali yang berfungsi mengatur
kinerja dari seluruh komponen yang terpasang, mengatur pemberian daya listrik
pada setiap komponen PC, serta lalu lintas data (harddisk, CD-ROM), unit
masukan data (keyboard, mouse, scanner), juga printer.
Beberapa istilah-istilah dari motherboard anatara lain :
1.
BIOS (Basic Input/Output
System)
Singkatan dari Basic Input/Output
System. Merupakan kumpulan informasi motherboard dan juga merupakan software
berisi perintah-perintah dasar. Fungsi utamanya adalah sebagai sarana
komunikasi antara sistem operasi dengan hardware yang terpasang pada
motherboard.
2.
Bus
Istilah yang menyatakan sistem
aliran data yang digunakan hardware yang terpasang pada motherboard untuk
berkomunikasi dengan prosesor. Satuan yang digunakan biasanya adalah frekuensi
(Hertz) atau lebar bit data.
3.
Clock Speed
Istilah ini digunakan untuk
menyatakan kecepatan dari sebuah prosesor atau komponen lainnya. Angka clock
speed didapat dari perkalian multiplier terhadap FSB. Semakin tinggi clock
speed, maka semakin tinggi kinerja yang dihasilkan oleh prosesor atau komponen
hardware tersebut. Satuan yang digunakan biasanya adalah megahertz (MHz) atau
gigahertz (GHz). Biasanya disebut juga sebagai kecepatan eksternal dari sebuah
prosesor.
4.
FSB
Singkatan dari Front Side Bus,
yaitu bus utama yang menghubungkan antara prosesor dengan chipset motherboard.
Satuan yang digunakan adalah megahertz (MHz).
5.
Heatsink
Komponen yang diletakkan di atas
prosesor. Fungsinya adalah menyerap panas yang dihasilkan saat prosesor
bekerja. Biasanya sebuah heatsink dilengkapi sebuah kipas untuk menjaga agar
suhu prosesor tetap stabil.
6.
Overclocking
Suatu teknik yang dilakukan untuk
meningkatkan kinerja prosesor, memori, atau kartu grafis, dengan cara
meningkatkan FSB atau clock speed komponen tersebut. Teknik ini memerlukan
sebuah system pendingin khusus pada komponen, karena menghasilkan panas
berlebih, di mana panas berlebih ini dapat merusak sistem.
2.
Processor
Processor adalah sebuah IC yang
mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai
pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan
menjalankan tugas. Processor terdapat pada socket yang telah disediakan oleh
motherboard, Processor dapat diganti dengan processor yang lain dengan
ketentuan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang
sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan
kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
·
Aritcmatics Logical Unit (ALU)
·
Control Unit (CU)
·
Memory Unit (MU)
Processor yang digunakan untuk tipe
server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13
dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang
diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power
(TDP).
3.
RAM (Random Access
Memory)
RAM merupakan suatu perangkat yang memiliki fungsi mengolah data atau
perintah. Ukuran dari RAM berpengaru terhadap data ataupun instruksi yang dapat
dikelolah. Semakin besar RAM makan akan berbanding lurus dengan kinerjanya. RAM
juga merupakan tempat penyimpanan data. RAM sendiri bersifat sementara atau
data yang tersimpan dapat dihapus, berbeda halnya dengan ROM. RAM sendiri
memiliki beberapa jenis. Antara lain :
·
SRAM (Static Random Access
Memory), merupakan RAM yang digunakan sebagai memori tambahan yang tersembunyi.
·
EDORAM ( Extended Data Out Dynamic
Random Accses Memory ), yaitu, RAM yang kepingannya terdiri dari 72 pin dan
umumnya pada PC yang menggunakan prosesor intel Pentium 1 dan AMD ke- 5 dan ke-
6.RAM jenis ini harus dipasang pada socketnya dalam jumlah genap ( minimal
terdiri dari 2 keping ).Dan memiliki Bus Speed sebesar 66 Mhz atau PC 66.
·
SDRAM ( Synchronous Random Acces
Memory ),RAM yang kemampuan kecepatannya lebih cepat daripada EDORAM dan
kepingannya terdiri dari 168 pin.PC
denganprosesor intel Pentium 1, Pentium II, Pentium III, AMD ke- 5, AMD ke- 6,
AMD ke- 7.Dengan memiliki Bus Speed sebesar 66 Mhz ( PC 66 Mhz ) dan PC 100
Mhz.
·
DDRAM ( Double Data Rate Random
Acces Memory ), RAM yang hampir sama dengan SDRAM, namun memiliki kemampuan
kerja yang lebih tinggi.Dengan Bus Speed sebesar 133 Mhz atau PC 133
Mhz.Umumnya digunakan pada PC dengan prosesorintel Pentium III, Pentium IV, AMD
Duron, AMD Athlon.
·
RDRAM ( Rambus Dynamic Random
Acces Memory ), RAM yang menggunakan RIMM ( Rambus In Line Memory Module )
sebagai socketnya dengan ukuran yang lebih kecil dari DIMM ( Socket yang
digunakan untuk SDRAM dan DDRAM ).Dengan Bus Speed sebesar 800 Mhz.Umumnya digunakan
pada PC dengan prosesor intel Pentium 1.
·
VGRAM ( Video Graphic Random Acces
Memory ), RAM yang digunakan secara khusus pada video adapter atau video card.Yang berfungsi untuk mendukung video
adapter dalam menghasilkan tampilan proses yang sedang atau yang telah
berlangsung pada computer.Besarnya kapasitas VGRAM akan menentukan kualitas
gambar atau tampilan yang dihasilakan oleh video adapter tersebut.
4.
Video Card (VGA)
VGA singkatan dari Video Graphics
Accelerator, berfungsi untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar
monitor, VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU(Graphics Processing
Unit) dan membutuhkan memory juga.
5.
Sound Card
Sound card diperlukan
untuk mendengarkan suara hasil olahan komputer.Kualitas Sound Card dipengaruhi
oleh chip DAC (Digital Analog Converter), yaitu alat yang merubah data digital
menjadi analog. Beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang sound card antara
lain :
-
Jenis chip
-
DAC
-
Playback quality; 24bit/192khz
merupakan kualitas yang terbaik
-
Recording:24bit/96khz adalah yang
terbaik
-
Respon frekuensi
-
SRN Rasio 106-108dB
-
Hardware acceleration yang berguna
untuk mengurangi beban prosesor
-
Dukungan playback 7.1 ASIO 2.0 EAX
untuk games, THX untuk film,PCM/MLP(DVD)
-
Koneksi yang tersedia berupa
coaxial atau optikal
6.
Hard Disk
Harddisk merupakan ruang
penyimpan data utama dalam sebuah computer.
Seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja diatur dalam . Dalam satuan
harddisk, terdapat berbagai macam ruang ruang kecil (direktori, folder, subdirektori,
subfolder), yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan
kegunaannya. Di situlah data-data diletakkan.
Masing-masing ruang kecil dalam
harddisk saling bergantung. Harddisk terdiri atas beberapa komponen penting.
Komponen utamanya adalah pelat (platter) yang berfungsi sebagai penyimpan data.
Pelat ini adalah suatu cakram padat yang berbentuk bulat datar, kedua sisi
permukaannya dilapisi dengan material khusus sehingga memiliki pola-pola
magnetis. Pelat ini ditempatkan dalam suatu poros yang disebut spindle.
7.
Optical Disc
Drive
Optical Disc Drive adalah komponen
yang digunakan untuk membaca atau menulis media penyimpanan optical seperti CD
ROM dan DVD ROM.
Perangkat optik merupakan perangkat
yang mudah digunakan. Setiap komputer
memiliki perangkat optik minimal untuk membaca CD (CD-ROM) maupun
membaca DVD (DVD-ROM).
8.
Monitor
Monitor atau layar tampilan
Komputer digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu
dari komputer. Selain itu pula istilah monitor terkadang digambarkan untuk
menilai kemampuan grafis. Monitor dibagi atas 3 kelas yaitu :
a. monochrome: Monitor Monokrom biasanya menampilkan dua warna, warna
background dan satu lagi adalah warna foreground. Warna tersebut adalah warna
hitam dan putih, hijau dan hitam dan Kuning dan hitam.
b. gray-scale : Gray Scale monitor adalah jenis special dari monitor monochrome
yang dapat menampilkan bayangan ungu yang berbeda.
c. Color : Monitor Color merupakan monitor berwarna yang memiliki 16
hingga 1 juta warna yang berbeda. Monitor berwarna ini terkadang disebut
monitor RGB karena monitor tersebut dapat menerima 3 sinyal yang berbeda, Merah
(Red), Hijau (Green) dan Biru(Blue).
Aspek paling penting dari sebuah
monitor adalah ukuran atau sering kita kenal dengan istilah screen atau ukuran
layar. Resolusi dari monitor mengidentifikasikan seberapa padat pixel yang ada,
Pada umumnya, semakin banyak pixel (sering di ungkapkan dengan titik per inci),
semakin tajam hasil gambar yang dapat ditampilkan. Banyak monitor saat ini
sudah dapat menampilkan 1024 hingga 764 pixels, untuk penggunaan kartu grafis
standar.
9.
Keyboard
Keyboard merupakan
sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol yang digunakan untuk mengetikan
kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada proses input pada komputer.
Jumlah seluruh tombol pada keyboard pada umumnya ada 104 tombol.Keyboard
mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Keyboard dibedakan
menjadi 4, yaitu:
a. Keyboard Serial, menggunakan Din 5 male dan biasanya digunakan pada
computer tipe At
b. Keyboard PS/2, biasanya digunakan pada computer tipe ATX dan paling
banyak digunakan, portnya sama dengan mouse.
c. Keyboard wirelless, Keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai
penghubung koneksi yang digunakan infra red,wifi ataupun Bluetooth.
d. Keyboard USB, komputer terbaru saat ini sudah menggunakan jenis
konfistor USB yang menjamin menstransfer data yang lebih cepat.
Secara umum, ada 2 jenis susunan
huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak
digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
10.
Mouse
Mouse, berfungi untuk mengarahkan pointer pada layar monitor komputer. Ciri-ciri sebuah mouse yang bagus adalah memiliki sensitifitas yang amat tinggi dan tidak memerlukan perawatan yang rumit (biasnya mouse optic dan wireless yang memiliki persyaratan ini, jangan menggunakan mouse manual yang harus rutin dibersihkan untuk menghilangkan debu).
11.
Power Supply
Power Supply merupakan unit perangkat yang berada pada CPU, memiliki
fungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan computer.
Power Supply,
Power Supply Unit (PSU) berfungsi untuk mengubah tegangan listrik (AC
220/230/240 V, 110/120 V) agar bisa digunakan oleh computer (DC 3,3 V, 5 V, 12
V). Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya
dan dihitung dengan satuan Watt. Perangkat ini memiliki 5 connector atau lebih,
yang dapat disambungkan keberbagai peralatan seperti :
·
Motherboard
·
Harddisk
·
Floppy Disk Drive
·
CD – ROM
Komponen penting pada power supply
ialah pendingin (cooling), dan dapat berupa kipas angin.
12.
Casing.
Casing sendiri berfungsi sebagai
tempat peletakan atau menempelnya komponen komputer seperti motherboard, power
supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini
dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor
(seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor
motherboard yang didukungnya.
Adapun komponen komputer tambahan
(peripheral) antara lain :
ü LAN Card (Media jaringan internet lokal)
ü Modem (Media jaringan internet pribadi)
ü TV Tuner (Media pendukung siaran televisi)
ü Printer (Alat cetak output)
ü Scanner (Alat periksa)
ü Speaker (Alat output suara)
ü Headphones (Alat output suara)
ü Bluetooth (Media transfer data)
ü USB Card (Media transfer data)
ü FireWire Card (Alat penangkap jaringan internet WiFi
ü Webcam (Kamera)
TUGAS
KETIGA
MEKANISME
KOMPUTER
Secara umum,
komputer merupakan alat hitung mekanis yang
melakukan kerja perhitungan aritmatika secara akurat, dan telah
ber-transformasi menjadi alat multifungsi fenomenal, yang dapat mengerjakan
banyak hal dalam tempo bersamaan (multi tasking), baik itu untuk membantu
menyelesaikan tugas-tugas, ataupun saat digunakan sebagai sarana hiburan,
maupun proyek menghasilkan nilai ekonomi.
Komputer
memiliki 3 elemen penting yaitu : Hardware (perangkat keras), Software
(perangkat lunak) dan Brainware (pengguna). Tanpa salah satu elemen tersebut,
dapat dipastikan komputer tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya
Teknologi
masa kini telah berkembang secara dinamis sejak komputer pertama dibuat dan
digunakan pertama kali di tahun 1940-an, kebanyakan komputer masih menggunakan
sistem arsitektur Von Neumann, yang dimunculkan pada awal tahun 1940-an oleh
John von Neumann sendiri.
Arsitektur
Von Neumann menjelaskan bahwa komputer memiliki 4 bagian utama yang terdiri
dari : Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan
dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas
kawat, "bus" dalam artian saling terhubung satu sama lain.
Berikut beberapa mekanisme komputer, sebagai beriukut :
Memori/RAM
Pada
sistem ini, memori merupakan urutan byte yang dinomori (seperti "sel"
atau "lubang burung dara"), yang masing-masing ruangnya berisi
sepotong kecil informasi. Informasi ini memungkinkan menjadi perintah pada
komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan
komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu,
dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori
dapat menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang
belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang
mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf
F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner ) menggunakan salah satu
metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan
gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa
disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara
umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan
sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada
buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran
masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke
komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat -
dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian
pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke
setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu
chip silikon.
Pemrosesan (Procesing)
Unit
Pemproses Pusat atau CPU (central processing unit) mempunyai peran untuk
memproses perintah, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi
menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi
dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan yang berkaitan.
Dalam
arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan
Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit
Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang
melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan,
pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan
perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan).
Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
Unit
kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan
ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan
untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori
yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya
(biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah
perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya
ditempatkan di lokasi lain).
Input dan Hasil
I/O
membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil
kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy).
Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive,
ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan
sebagainya.
Yang
dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka
meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa
diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data
ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian
ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah
yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer
hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan
baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi
sel 123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke
sel 042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah
0, perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi
diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin
menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh
komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam prakteknya,
orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa
mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang
kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program
komputer khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman
berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat
rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak
yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer
kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang
dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer
ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang
menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem
(misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa
komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka
mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih
lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian
dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas,
tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi
dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai
perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan
perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
Program
Program
komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali
dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan
banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Suatu PC modern yang umum
(pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik.
Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk
melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana
yang diatur oleh orang pandai, "programmer." "Programmer Baik
memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya,
menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia
kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya
melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai
multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu program,
kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan melakukan
beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai
irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang
dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU di antara program. Ini
mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem
operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem Operasi
Sistem
operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam
kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program
komputer, setelah bertahun-tahun, programer akhirnya menmindahkannya ke dalam
sistem operasi.
Sistem
operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana
(seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan
servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer
untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari
semua alat elektronik yang terhubung.
No comments:
Post a Comment